DI POSTINGAN KALI INI SAYA AKAN MEMBAHAS TENTANG CARA ATAU LANGKAH LANGKAH DALAM MEMBUAT SURAT DENGAN BAHASA INGGRIS.MENURUT SAYA TIPS INI SANGAT DIPERLUKAN BAGI PELAMAR-PELAMAR KERJA YANG MASIH MENGALAMI KESULITAN DALAM MEMBUAT SURAT LAMARAN, MAKA DARI ITU MAERILAH KITA SIMAK BERSAMA TIPS TENTANG:
CARA MEMBUAT SURAT RESMI DALAM BAHASA INGGRIS.
Membuat surat resmi dalam bahasa inggris bukanlah perkara mudah. butuh pengalaman yang tidak sebentar agar bisa membuat surat yang bagus. karena surat resmi bukan surat yang ditujukan untuk pacar atau sahabat Anda sehingga bisa dibuat sekendak hati.untuk itu disini saya akan kemukankan tips yang sangat bagus tentang bagaimana menulis surat resmi berbahasa inggris :
Tips pertama:
Selalu gunakan kalimat pengantar dan salam penutup yang baku. Untuk kalimat pengantar cukup gunakan: Dear Mr. atau Dear Ms.Bila kita tidak tahu siapa yang akan menerima surat tersebut, misalnya mengirim ke alamat email umum suatu instansi bisa gunakan Dear Madam, Dear Sir,
Untuk salam penutup, saya paling senang menggunakan Sincerely yours,, sangat sopan. Tapi kalau misalnya surat menyuratnya sudah berlangsung berulang kali dengan orang yang sama, kita bisa menggunakan Best regards, atau cukup dengan Best,
Tips kedua:
Jangan lupa untuk berterima kasih. Kalimat penutup andalan saya biasanya: I am looking forward to hearing from you. Thank you very much. Kalimat ini memberitahukan kepada sang penerima surat kalau kita menunggu jawabannya atas permintaan kita di surat, dan kita mengucapkan banyak terima kasih sebelumnya. Sangat sopan bukan? Untuk mengucapkan terima kasih secara umum, bisa juga menggunakan: Thank you for your kind help.
Tips ketiga: Memohonlah dengan sopan.Caranya gampang sekali, cukup dengan menggunakan kalimat berpola: I would be very grateful if you could … Tinggal isi titik-titiknya dengan permohonan yang ingin diajukan. Sopan dan langsung ke tujuan.Atau contoh dari koala manolo (lihat komentar), If you could …, it would be most appreciated. Isi titik-titiknya dengan permintaan.
Tips keempat:
Jangan pernah menggunakan singkatan, simbol pengganti kata, atau kata yang bernuansa non-formal. Jadi tulislah it is, bukan it’s. Jangan menulis a la ABG dengan menggunakan angka 4 untuk for (saya pernah menerima surat yang menggunakan ini. Hampir jatuh dari kursi rasanya) atau u untuk you; dan tulislah thank you dengan baik dan benar.
Tips kelima:
Tulislah nama dengan lengkap. Kalau bisa cantumkan afiliasi di bawah nama. Tanda tangan seperti ini sangat penting, apalagi bila kita menulis surat dalam kapasitas kita sebagai pegawai kantor tertentu.
Tips keenam:
Gunakan huruf besar dan tanda baca dengan baik. Huruf kecil memang imut, tapi dalam surat lebih penting menunjukkan kemampuan kita dalam menggunakan tata bahasa dengan baik dan benar, daripada menunjukkan jiwa kita yang mencintai keunikan.
Kalau kita menggunakan tips singkat ini kepada contoh surat di atas, maka hasilnya menjadi sebagai berikut:
Dear Madam, Dear Sir, I am X, from Y. I am interested in Z. I would be very grateful if you could inform me the application deadline and eligibility. I wonder if you could also send me the application form. If it is not possible, I would be thankful if you could inform me where I can find it. I am looking forward to hearing from you. Thank you very much. Sincerely yours, X.
Bagaimana? Berbeda bukan? Tetap singkat dan padat, tapi lebih formal dan sopan. Sang penerima surat pun akan merasa tertuntut untuk menjawab surat seperti ini. Paling tidak dalam kasus saya. selamat menulis surat bahasa inggris
SURAT PRIBADI.
Kita tentu mempunyai banyak teman, entah itu teman sekolah ketika SD, SMP, SMA atau kuliah. Tak jarang, rekan-rekan kita itu pergi ke luar kota untuk sekolah atau meniti karier mereka. Bahkan, mungkin ada pula teman yang sedang kuliah atau bekerja di perusahaan asing di luar negeri. Rasa ingin komunikasi dan berbagi cerita tentu ada. Dengan adanya berbagai sarana komunikasi modern, tentu mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain, yang berada di negara lain sekalipun. Tapi itu tak berarti bahwa kita lalu meninggalkan cara-cara serta media komunikasi lama. Barangkali kita ingin menciptakan kesan yang istimewa, sehingga kita memilih untuk berkomunikasi
0 Response to "CARA MEMBUAT SURAT DALAM BAHASA INGGRIS."
Post a Comment